Rabu, 10 Desember 2008

Efek Refresh ?

Membuat efek refreshFungsi refresh di gunakan untuk membuat “penyegaran” kembali halaman blog ataupun website. Fungsi refresh ini sama dengan fungsi refresh yang ada pada browser internet, perbedaannya yaitu fungsi ini di buat bekerja secara otomatis, yakni pengguna tidak perlu menekan tombol refresh yang ada pada tool bar.


Untuk membuatnya cukup dengan hanya memasang program di bawah ini :

<meta http-equiv="refresh" content="10">

Untuk template klasik cukup dengan kode diatas, tapi untuk template baru harus memakai tag penutup yakni , kodenya jadi seperti di bawah :

<meta http-equiv="refresh" content="10">

</meta>

Simpan kode di atas antara ....<HEAD> .... </HEAD>
sedikit tambahan kode diatas, content="10" --> angka sepuluh menunjukan bahwa proses refresh akan di lakukan dalam rentang waktu 10 detik. Jadi sebaiknya angka ini di set jangan terlalu cepat karena bisa menimbulkan kejengkelan kepada para pembaca apabila terlalu cepat di refresh.

Fungsi refresh selain untuk menyegarkan kembali halaman-halaman blog, ada fungsi lain yang juga cukup menarik, yakni berfungsi sebagai Redirect dari satu URL addres ke URL addres yang lain. Ini berfungsi jika kawan ingin membawa pengunjung blog atau situs kawan ke alamat situs yang kawan inginkan. Agar lebih jelas, saya ambil salah satu contoh. Saya sudah lama nge blog, dan setelah sekian lama kemudian saya membuat situs baru. Jadi blog yang lama tidak ingin di aktifkan lagi (di non aktifkan). Nah selain memakai cara meninggalkan pesan bahwa alamat situs atau blog sudah pindah alamat, alangkah baiknya kita memakai fungsi Refresh yang di setting secepat mungkin yakni waktu refresh di set 0 (nol) detik. Jadi apabila ada pengunjung yang mengunjungi alamat blog tersebut akan secara otomatis di bawa langsung ke alamat baru yang di inginkan.

Fungsi Redirect ini bisa di buat dengan kode :

<meta http-equiv="refresh" content="0;URL=tulis alamat URL tujuan di sini">

</meta> --> khusus template baru harus pake' kode penutup

Untuk melihat contoh efek redirect dari fungsi refresh bisa di lihat di sini. Blog tersebut saya set selama 7 detik, agar kawan bisa melihat efek yang di timbulkan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sialahkan kawan berkomentar tentang artikelnya...karena komentar kawan sangat berarti bagi blog ini...^_^ salam Blogger